6 Tips Mudah Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Gadget (video game, hp/ponsel, game portable, dll.) bukan lagi benda asing yang terdengar di pendengaran kita. Para pengguna benda canggih ini ada disetiap kalangan, tak terkecuali anak-anak. Si kecil akan asik sepanjang waktu bermain gadget. Hanya saja, menggunakan gadget secara terus menerus akan berdampak pada kesehatan tubuh, pertumbuhan emosional, mental, serta fisik anak-anak.

Oleh karena itu sebagai orangtua kita harus cermat membatasi penggunaan gadget pada anak-anak kita. Ada beberapa tips atau cara agar si kecil tak kecanduan teknologi canggih ini, seperti yang dilansir Boldsky.com berikut.

1. Perbanyak kegiatan di luar ruangan

Ajak anak-anak kita untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain bisa membantu pertumbuhan mental dan perkembangan fisik, mereka juga bisa bermain santai dengan teman sebayanya. Kegiatan di luar ruangan juga dapat membantu mereka mengalihkan pikiran, bukannya malah duduk asyik di kursi bermain gadget.


2. Atur jadwal dan waktu pemakaian gadget
Tetapkan jadwal dan waktu tertentu dalam menggunakan gadget, misalnya setelah belajar atau mengerjakan PR, setelah mengaji, atau sesudah sholat. Atur waktu pemakaian, misalkan setengah jam atau 1 jam. Dan pastikan kalau mereka tidak menghabiskan waktu hanya untuk menonton televisi atau bermain game di gadget.


3. Gantikan dengan permainan nyata
Cara tepat supaya si kecil tidak kecanduan gadget ialah memberikan permainan nyata atau permainan yang lebih komunikatif. Seperti bermain kartu atau catur yang nyata bisa mereka sentuh dan Anda pun bisa terlibat di dalamnya. Ini akan mengalihkan minat mereka dari layar dengan realitas dan dengan lebih banyak kegembiraan. 


4. Mengembangkan hobi atau kesukaannya

Waktu luang yang terlalu banyak adalah alasan utama mengapa anak-anak menghabiskan waktu dengan gadgetnya. Salah satu gagasan menarik guna mengubah kebiasaan ini adalah untuk mengembangkan beberapa hobi. Anda dapat mendorongnya untuk mencoba koleksi puzzle, koleksi koin, menggambar atau berkebun.

5. Ajarkan keahlian khusus
Belajar sesuatu yang baru adalah ide yang cemerlang untuk menjaga otak mereka aktif dan terlibat. Sekaligus memberikan peluang bagi anak-anak Anda untuk belajar sesuatu yang baru seperti berenang, sulap, menari, mencoba alat musik, atau bahkan bernyanyi. Hal ini juga bisa untuk mengetahui dimana bakat si anak tersebut ditemukan.


6. Ajak berwisata
Ajaklah anak-anak Anda untuk berwisata atau liburan saat akhir pekan datang. Biarkanlah si kecil menghabiskan waktu di alam bebas. Taman, kebun, atau pantai dapat membuat anak-anak lebih aktif daripada di rumah menghabiskan waktu dengan gadgetnya.


Nah, mudah-mudahan dengan 6 tips agar anak kita tidak kecanduan gadget di atas, kita bisa membiasakan anak untuk perlahan-lahan menjauhi gadgetnya.


source: feed.id (Anisha)

Artikel Terkait

Berharap selalu dalam lindungan Allah SWT agar hidup tetap tenang dan selalu berusaha untuk Menjalankan segala perintahNya dan Menjauhi semua laranganNya.

Bijaklah dalam berkomentar.
EmoticonEmoticon